Google

Tuesday, July 24, 2018

WARISAN LELUHUR JAWA


INGIN memiliki dan menguasai ilmu leluhur Jawa tidaklah sebatas katanya. Artinya harus berani dan bersunģguh-sungguh telaten, jujur, sabar tekun serta kuat cobaan dan gunjingan dari orang kanan kiri serta harus taat pada hukum pemerintah.

Ilmu warisan leluhur Jawa apabila ingin memgambil intisari kesempurnaannya sangatlah sulit, dari kesemuanya tidaklah gratis alias harus ada tebusannya diantaranya membakar dupa sesajian dan transportasi yg membutuhkan uang, namun jangan khawatir apabila kita telah menguasai dan mumpuni ilmu Jawa kelak kita akan dimudahkan dalam segala hal berkaitan dengan hidup, khususnya rejeki.

Diantara hal yang berkaitan dengan warisan leluhur Jawa adalah aksara atau huruf-huruf Jawa. Kini di pendidikan formal, pelajaran untuk memperdalam aksara Jawa sendiri sudah mulai terkikis. Dianggapnya pelajaran aksara Jawa itu sendiri sudah tidak begitu penting.

Hal itulah yang membuat budaya Jawa menjadi terkikis sedikit demi sedikit. Generasi muda Jawa sudah tidak lagi mengenal aksara Jawa yang menjadi budaya nenek moyang mereka. Inilah yang membuat munculnya kata-kata "Hera Heru...Wong Jowo Kari Separo, Cino Londo Kari Sajodo".

Kata-kata tersebut mengandung arti yang sangat dalam. "Wong Jowo Kari Separo" artinya, generasi muda Jawa sudah tidak lagi mempedulikan budayanya dan tidak sudi untuk belajar budaya dan sastra Jawa. Alhasil, jumlah yang mau belajar budaya dan sastra Jawa tinggal sedikit dan diibaratkan "Wong Jowo Kari Separo".

Sementara "Cino Londo Kari Sajodo" juga memiliki arti yang sangat mendalam. Artinya, warga negara asing kini cenderung lebih mempelajari dan memperdalam budaya Jawa yang perlahan-lahan sudah ditinggalkan generasi muda Jawa sendiri. Padahal seharusnya, budaya dan sastra Jawa tersebut harus dijaga dan dipelajari oleh generasi muda Jawa sehingga bisa lestari, karena budaya dan sastra Jawa tersebut merupakan warisan dari leluhur Jawa dulu.

Sangat tragis! dan mengenaskan karena Wong Jowo sendiri harus tidak tahu budaya dan sastranya sendiri, sementara warga negara manca lebih memperdalam budaya dan sastra Jawa.(*) 

No comments: