Google

Wednesday, March 21, 2012

Filosofi "Mencari Tapake Kuntul Mabur"

AJARAN Kejawen itu sarat dengan beraneka filosofi (kata-kata kiasan/sanepan). Salah satu kata-kata kiasan yang sering didengar adalah "Golekana tapake kuntul mabur" (carilah telapak kaki bangau yang terbang). Cobalah Anda melihat bangau yang sedang terbang. Apakah Anda bisa melihat telapak kakinya? Meskipun Anda berkeliling kemanapun, tidak akan pernah melihat telapak kaki bangau jika si bangau sedang terbang. Orang Jawa sendiri menyebut kata-kata seperti itu adalah sanepan.

Meski terlihat remeh, namun kata-kata tersebut cenderung memiliki arti yang dalam. Kata-kata sanepan tersebut termasuk ke dalam Ilmu kasampurnan. Untuk mencari makna kata-kata tersebut harus dicari dengan cara tirakat dan lelaku. Agar bisa menggayuh sanepan "Golekana tapake kuntul mabur" tadi, sangatlah perlu mengosongkan keinginan dan pikirannya.

Pelajaran yang dapat diambil dari filosofi bangau yaitu, bangau adalah jenis burung yang kemampuannya hanya bisa terbang. Kalau kita lihat bangau itu bisa terbang tanpa ada yang menyangganya. Lalu siapa yang menyangganya?

Kalau manusia bisa mengosongkan diri dari semua yang berkaitan dengan kehidupan, jangankan harta, derajat dan pangkat, bahkan pegangan kehidupun pun harus dilepaskan jika manusia itu ingin mengetahui diri pribadi dengan sendirinya, meskipun tidak ada yang memberi petunjuk. Hal itu ibarat burung bangau yang bisa terbang tanpa ada yang menyangga.

Jika manusia mencarinya, maka manusia tadi bisa berkata,"aku bisa merasakan ada yang memberitahu diriku meskipun tidak ada yang memberitahu karena aku sudah mengosongkan diri dari semua keinginanku, aku juga bisa merasakan bahwa aku ini tidak mempunyai apa-apa. Dan aku tidak mengetahui apa-apa. Aku ini bukanlah apa-apa, tetapi aku ini ada".

Telapak kaki burung bangau itu sebenarnya ada kalau ia mendarat. Tetapi kalau sedang terbang, pasti kita setengah mati untuk mencarinya. Itu merupakan sebuah simbol bahwa GUSTI ALLAH itu ada, tetapi kita tidak bisa melihatnya.

Oleh karena itu, kalau kita sudah sampai pada rasa seperti itu, maka kita sudah memasuki kawruh tentang GUSTI ALLAH. Kita akan tahu ternyata GUSTI ALLAH yang memberitahu, membuat kita memiliki apa-apa, bahkan GUSTI ALLAH yang membuat kita menjadi tahu apa-apa. GUSTI ALLAH juga menjadikan kita menjadi ada, dari tidak ada dan akan menuju ke ketiadaan.

Filosofi "Golekana Tapake Kuntul Mabur" tadi sebenarnya adalah rasa pasrah pada GUSTI ALLAH. Rasa kepasrahan pada GUSTI ALLAH itu adalah dengan cara manembah pada GUSTI ALLAH tan kendhat rino kelawan wengi" dan memberi pertolongan kepada sesama makhluk hidup, saling berbagi serta saling mengasihi sesama.(*)

10 comments:

Majalah Masjid Kita said...

subhanalloh

Majalah Masjid Kita said...

subhanalloh

Anonymous said...

Terlalu jauh panggang dari api. Koq malah bahas burung kuntul... hik hik.

Vicky jawi said...

Tepak kuntul mabur,tapak kuntul mabur,,,jelas ra bsa d goleti nek ora nglemah,meng lemah,napak tanah,,pda ae karo sanepan goletna galieh kangkung lan goleti kabeh marang ros ing bumbung pring/bambu..sbnere nyata tp maya,,
ra d sangka jebul wong bien luwih hebat ktimbang wong siki.

Unknown said...

apkah dgn cra sembunyi sembunyi in cr utk membeberkan kawruh kawruh kejawen.?

blocoe said...

trnyta,,,,, subhanallah,,, ttangga ku prnh brkta,, kta llulur dy,, lluhur nya brkta,, golekana galihe kangkung,tapake kuntul mabur,,,, aku baru taw,,, trnyt,,, subhanallah..

Unknown said...

galih: dinalar dalam rasa
kangkung : kang kinungkung yang tersimpan di dalam rasa, tidak akan ketemu jika tidak belajar pada Guru Waskita.

Unknown said...

Bade tangklet tegese "ono tulisan tanpo papan, gemandol tanpo centelan"

gus ton said...

Jaman saiki sing penting sugih bondo.Lali Gusti.Pingine sugih dewe, konco2ne podo kalah sugih.Mulo keblinger atine ora ayem.

Kam said...

Mugi2 gusti paring paham