Google

Thursday, September 18, 2008

Belajar Ilmu dari Alam


Disadari ataupun tidak, GUSTI ALLAH senantiasa memberikan banyak gambaran pada manusia lewat ciptaanNYA. Tetapi kebanyakan manusia ‘tidak berpikir’ sehingga keberadaan alam ciptaanNYA ini kelihatan biasa-biasa saja.



GUSTI ALLAH menjelaskan lewat kitab suci Al Qur’an yang intinya: “Berjalan-jalanlah kamu dimuka bumi. Maka kamu akan melihat kekuasaanKU”. Artinya, kita harus cerdas dan cermat dalam mengamati keberadaan alam semesta itu. Dengan begitu, kita akan bisa merasa dekat dengan GUSTI ALLAH.

Sebenarnya, sangat mudah untuk menikmati keindahan alam. Orang bisa meluangkan waktu dengan bertamasya, wisata ke pegunungan, pantai dan lain-lain. Dalam hal menikmati alam, pandangan antara anak kecil dan orangtua (sudah berumur) akan berbeda. Coba sesekali perhatikan anak kecil yang tengah berjalan-jalan dan tiba-tiba mereka melihat sungai yang airnya mengalir deras. Pasti, tanpa pikir panjang ia akan kepingin untuk mandi di kali itu.

Tapi berbeda dengan orangtua dalam menikmati alam. Para orangtua itu cenderung tidak melihat keindahan dari sungai itu. Yang indah bagi orangtua ataupun orang yang sudah dewasa adalah duit. Kemanapun mata memandang, yang dipikirkan hanyalah duit dan dunia. Padahal yang dilihat indah itu adalah fana dan bakal berubah. Itulah perbedaan antara anak kecil dan orang tua/dewasa dalam memandang keindahan alam.

Banyak sekali yang bisa kita pelajari dari alam. Kita bisa belajar tentang ilmu kesabaran, ilmu kesetiaan, ilmu kepasrahan, ilmu diam dan banyak ilmu lainnya. Lho kok bisa? Jelas sekali. Lihatlah buktinya.

Belajar Kesabaran
Kalau hendak belajar ilmu kesabaran, maka kita hendaknya belajar pada Bumi yang kita injak setiap harinya ini. Bayangkan, bumi ini tidak pernah mengeluh meskipun diinjak-injak ratusan juta manusia. Bumi juga tidak pernah tersinggung meskipun diludahi, dikencingi bahkan menjadi tempat buangan kotoran manusia. Ia akan dengan sabar menerima semuanya. Kesabaran apalagi yang bisa mengalahkan bumi ciptaan GUSTI ALLAH itu? Tapi kalau manusia berbuat semena-mena terhadap bumi, maka Sang PENCIPTA akan marah dan bumi bakal menggulung dan menimbulkan malapetaka bagi manusia itu sendiri. Contohnya, tanah longsor dan lainnya.

Belajar Kesetiaan
Jika hendak belajar ilmu kesetiaan, tidak ada salahnya kita belajar pada matahari. Belajar dalam hal ini bukan berarti menyembah matahari. Tidak! Tetapi kita cukup melihat, merasakan dan mencontoh kesetiaan matahari yang juga ciptaan GUSTI ALLAH. Matahari adalah tempat belajar ilmu kesetiaan karena ia dengan setia senantiasa hadir dari Timur dan terbenam di Barat setiap hari.
Matahari tidak pernah ingkar janji untuk tidak terbit. Ada orang yang guyon dengan mengatakan, lha kalau mendung bagaimana? Meski mendung, matahari tetap bersinar meski tertutup mendung. Bukankah ia terus setia?

Belajar Kepasrahan dan Nerimo (Ikhlas)
Jika Anda ingin belajar ilmu kepasrahan dan nerimo (ikhlas), maka tidak ada salahnya belajar pada laut. Laut yang diciptakan GUSTI ALLAH adalah tempat mengalirnya beribu-ribu sungai di dunia ini. Kotoran apapun yang dilemparkan manusia lewat sungai, pasti akan mengalir ke laut. Dan laut akan pasrah menerima barang-barang buangan itu. Ia tidak pernah mengeluh sedikitpun.
Laut juga akan ikhlas menerima semua air, kotoran atau benda-benda apapun yang mengalir lewat sungai. Keikhlasan yang ditunjukkan oleh laut adalah keikhlasan “Lillahi Ta’ala” (semuanya karena ALLAH).

Belajar Ilmu dari Tumbuhan
Kita juga harus belajar dari tumbuhan. Apa alasannya? Alasannya jelas, karena tumbuhan sejak dari bibit ia hidup, ia cenderung diam. Tapi tahu-tahu lama kelamaan tumbuhan itu menjadi besar dan memberi manfaat bagi si penanamnya. Bayangkan, sebuah tumbuhan saja tahu cara menghargai dan berterimakasih pada orang yang merawatnya. Sedangkan kita manusia ini yang disebut makhluk mulia oleh GUSTI ALLAH, malah tidak bisa menghargai dan berterimakasih pada GUSTI ALLAH yang telah merawat kita. Apa layak kita disebut sebagai manusia Rahmatan Lil-alamin (manusia yang menjadi rahmat bagi alam semesta)?

Kalau kita menghormati alam, berarti kita juga mensyukuri apa yang telah dianugerahkan GUSTI ALLAH. Bukan malah kita memperTUHAN alam.

7 comments:

Azmy said...

Saya sangat menyetujui dengan tulisan ini, mengapa?...karena akhir2 ini banyak orang yang telah melupakan keberadaan Allam sebagai tempat dimana kita tinggal dan hidup. banyak orang2 yang tidak bertanggung jawab telah mengebom, membakar, menjarah dan bahkan ingin mengadakan pemanasan global seperti isu yang sedang nge-trend saat ini. padahal kita tahu keberadaan kita sangat begitu dekat dengan Allam, sadar atau tidak tubuh kitapun memiliki anasir yang ada pada Allam, seperti; api, angin, bumi dan air. ini menandakan kesatuan wujud fisik kita dengan Allam. Saya memohon kepada penulis blog ini supaya lebih mengembangkan lagi kajiannya berkenaan dengan KAWERUH KEJAWEN karena saya yakin masih banyak yang perlu disampaikan, prihal Kaweruh ini. makasih

Jawa Moeda said...

belajar dari alam adalah ilmu praktis dan gratis. tak usah membeli dan tak usah sulit-sulit mencari. semua ada dimana-mana, dan semua telah terpampang jelas dalam satuan alam yang luas ini. diperlukan rasa rendah hati dan pengakuan terhadap ciptaanNYA. manusia tidak akan mengerti tentang pembelajaran ini, bila manusia dalam mempelajarinya memiliki rasa angkuh(merasa dirinya hebat). Manusia itu hanya paham dan tidak bisa merasakan pembelajaran ini sampai didalam hatinya, untuk diterapkan dalam kesehariannya.
saya ucapkan terimakasih dengan adanya artikel ini. mudah-mudahan pengetahuan dan ilmu yang kita dapat, bisa bermanfaat bagi diri dan lingkungan.

kLINIK oBAT mANJUR said...

mantab

Unknown said...

Good blog πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Hair cut png said...

Seorang ulama besar berkata kepadaku, belajarlah kepada sang "padi" niscaya kau akan mengerti nikmatnya bersyukur kepada sang illahi ..

Januari 1969 said...

Lalu bagaimana dengan pekerja tambang, mereka mencari nafkah dengan menggali dan Bukankah itu merusak alam. ?

Unknown said...

Subhanallah